pratama daru | perumahan pratama daru | rumah subsidi daru - Tips memilih developer properti yang baik tentunya urgen diketahui untuk Anda yang tengah berencana melakukan pembelian rumah. Ya, developer atau pengembang jelas memegang peranan urgen dalam transaksi properti.

Bukan apa-apa, dampak kurang seksama memilih developer maka dapat berujung kekecewaan. Ada tidak sedikit kasus yang telah terjadi karena kurang teliti memilih pengembang. Misalnya membina produk yang tak cocok janji, bahkan hingga ada yang menipu dan membawa kabur duit konsumen.

Untuk itu, sebelum memutuskan melakukan pembelian rumah atau jenis properti lain, simak tips memilih developer properti yang baik inilah ini

Kredibilitas

Faktor developer sangat penting. Sebab dengan perusahaan berikut Anda mengerjakan hubungan hukum, baik pada taraf pemesanan lokasi tinggal dengan perjanjian pengikatan jual beli (PPJB) atau dengan akta jual beli (AJB) pada ketika jual beli nanti dilaksanakan.

Anda relatif lebih aman andai membeli lokasi tinggal dari perusahaan developer yang telah go public. Golongan developer ini relatif tidak terpengaruh oleh ketentuan regulasi perbankan, sebab mereka punya banyak pilihan sumber dana, sampai-sampai risiko keterlambatan pembangunan lokasi tinggal tidak terlampau besar.

baca juga : Mau Diskon !!!

Reputasi developer sebenarnya pun dapat dideteksi. Misalnya apakah perusahaan pengembang tersebut sering membuat kecewa konsumennya. Ini dapat dilihat dengan menyimak surat pembaca di media massa atau liputan-liputan media massa mengenai kasus-kasus perumahan.

Sumber beda untuk memahami apakah pengembang tersebut bermasalah atau tidak, ialah dengan menghubungi DPP REI atau menanyakan ke Yayasan Lembaga Konsumen dan Lembaga Advokasi Konsumen Properti Indonesia.

Carilah pengembang yang pun telah berkolaborasi dengan bank. Karena sebelum berkolaborasi dengan pihak developer, bank seringkali telah mengevaluasi developer, termasuk memeriksa status tanah, peruntukan lahan, sertifikat yang dipunyai developer, dan aspek beda seperti kemudahan umum, sosial, dan situasi lingkungan.

Karenanya, bank juga dapat menjadi saringan mula terhadap kredibilitas developer.

Legalitas

Pastikan lokasi tanah yang dibangun kompleks telah keluar sertifikat induknya. Sebagai konsumen, kita berhak menanyakan dan menyaksikan sendiri sertifikat itu. Jika sertifikatnya diagunkan ke bank untuk kebutuhan proyek tersebut, Anda dapat sedikit bawel untuk menyaksikan Akta Pemberian Hak Tanggungan dan Sertifikat Hak Tanggungan.

Jika legalitas tempat perumahan yang bakal dibeli masih berupa izin lokasi, paling tinggi risikonya. Bagi itu, tanyakan dulu copy induk sertifikatnya. Developer yang baik tidak bakal segan-segan menunjukkannya.

baca juga : perumahan pratama daru 

Pekerjaan terbesar dan terberat pengembang malah pada etape pembebasan tanah. Jika etape ini gagal ditamatkan pengembang, proyek itu dapat gagal dan duit muka yang terlanjur disetorkan konsumen dapat bermasalah.

Jika sekarang Anda sudah terlanjur menyetor duit pemesanan atau duit muka, sementara developer masih mengantongi izin lokasi, usahakan Anda mohon uang tesebut dikembalikan, meskipun dengan tidak banyak potongan untuk ongkos administrasi.

Itulah pentingnya Anda memiliki pegangan saat memesan rumah Pegangan itu ialah PPJB, dimana diperjanjikan mengenai spesifikasi rumah, harga, teknik pembayaran, serah terima rumah, pemeliharaan rumah, menyeluruh dengan hak dan keharusan masing-masing serta sanksi-sanksinya.

PPJB tersebut harus kita pahami benar sebelum menandatanganinya dan sebelum mengerjakan pembayaran.

Komitmen

Ketika mempromosikan perumahannya, seringkali pengembang menjanjikan sekian banyak  fasilitas, mulai dari kemudahan rumah tersebut sendiri, sampai kemudahan pendukung, laksana pusat belanja, club house, kemudahan rekreasi, dan lain-lain.

Dengan regulasi perbankan di sektor properti, barangkali saja pengembang melalaikan fasilitas-fasilitas yang pernah dijanjikan untuk mengurangi biaya. Sebaiknya, kita mengonfirmasi hal-hal seperti tersebut kepada pengembang supaya mendapat kejelasan kemudahan apa saja yang akan diperoleh ketika menduduki rumah.

baca juga : rumah subsidi tangerang

Anda pun dapat menciptakan perjanjian dengan pengembang bersangkutan ketepatan masa-masa serah terima dan kualitas bangunan sebelum mengerjakan booking fee. Bila pengembang merealisasikan sistem booking fee dan 20% DP hangus bila anda batal membeli, kita dapat menciptakan perjanjian dengan mereka.

Developer yang oke seringkali tidak bakal keberatan. Tetapi di beda pihak, Anda pun harus konsisten pun dalam ketepatan pembayaran duit muka.

Jadi sebelum melakukan pembelian rumah pastikan kita sudah mengetahui dengan benar tips memilih developer properti yang baik.


Surya Pratama Properetindo

Jln. Pemda Tigaraksa, Bizpoint Boulevard Ruko R6 No.12 , Cikupa, Kab. Tangerang, Banten